Tuesday, January 12, 2016

1 Januari di Srilanka

Sudah hampir 5 bulan gw tinggal di Srilanka. Sejauh ini, hanya 1 hal yang bikin gw ga suka sama Srilanka. Bukan karena makanannya yang beraroma kari-menyengat, bukan karena bahasanya yang susah dan memiliki 360 huruf, bukan karena panas-gersangnya di daerah tempat gw tinggal. Gw ga suka Srilanka karena ……eng ing eng…. tanggal 1 Januari tidak dijadikan hari libur nasional oleh pemerintah Srilanka. Tanya Kenapa.

Mereka merayakan Tahun baru di bulan April. Mungkin karena penduduk di Srilanka mayoritas beragama Budha (70%) dan Hindu (15%) yang memiliki formula penanggalan tahun tersendiri. Jadinya libur tahun baru mereka bukan 1 Januari. Masih masuk akal kalau mereka ga ngerayain Tahun Baru Masehi 1 Januari karena menggunakan kalender mereka sendiri dalam aktivitas sehari-hari, namun prakteknya mereka tetap menggunakan kalender Masehi tuh. Pas tengah malam pergantian tahun dari 31 Desember ke 1 Januari juga banyak petasan-kembang api berkumandang. Ada juga acara-acara di tempat hiburan untuk merayakan Tahun Baru Masehi 1 Januari ini. Berarti memang banyak warga yang ikut memeriahkan dan menikmati tahun baru 1 Januari. Lucunya lagi, pegawai pemerintah (dan beberapa karyawan swasta) hanya bekerja beberapa jam aja di tanggal 1 Januari, pas siang mereka bubar jalan. Tuhhh kannnn, mendingan sekalian aja lah 1 Januari dijadiin hari libur nasional. Di Indonesia yang mayoritas beragama muslim (menggunakan kalender Hijriah) namun tanggal 1 Januari ditetapkan hari libur nasional.

Kalender Januari Srilanka

Lalu kenapa gw sewot? Toh gw (hanya) pendatang yang cuman dikasi ijin tinggal setahun di Srilanka. Jadi begini, tanggal 31 Desember jam 22.30 di adakan ibadah tutup tahun di gereja. Tanggal 1 Januari jam 1.30 pagi baru nyampe kamar. Cuci muka, sikat gigi, dan siap bobo jam 2an pagi. Jam 6 sudah harus bangun karena ada ibadah awal tahun jam 7 pagi. Harusnya pulang ibadah bisa balas dendam tidur. Namun karena di kalender tanggal 1 Januari berwarna hitam, gw harus kembali beraktivitas di Rumah Sakit, fullll jadi zombie sampai jam 5 sore. Itulah alasan kenapa gw sewot sama hitamnya tanggal 1 Januari di kalender Srilanka. Selain itu, gw sirik sama orang-orang di belahan bumi lain yang libur di tanggal 1 Januari, sedangkan gw…. Mungkin pemerintah Srilanka menggunakan filosofi “Awali dengan kerja keras”. Jadi deh tanggal 1 Januari di itemin.

Hal yang lucu lagi dari kalender Srilanka adalah kejadian Bulan Purnama yang jadikannya tanggal merah (hari libur nasional). Entah apa yag dirayain. Siklus kejadian bulan purnama terjadi setiap bulan, jadi tiap bulan pastinya ada hari libur (asal bulan purnama ga pas hari sabtu atau minggu aja,,biar ga rugi). Andaikan siklus bulan purnama terjadi mingguan, betah deh gw tinggal di Srilanka,,xoxoxoxo. Selain itu, kenaikan Isa Almasih, tahun baru Hijriah, Isra Miraj tidak dijadikan hari libur di Srilanka.


Tanggal merah peringatan bulan purnama

Balik lagi soal tahun baru 1 Januari. Walaupun ibadah tutup tahun dimulai 31 Desember jam 22.30 malam, gw cukup kagum banyak jemaat yang datang. Padahal banyak jemaat yang rumahnya jauh dari gereja dan ini derah yang suepiiii buaaanget. Jam 7 malam aja udah jarang penampakan orang di jalan raya. Walaupun ibadah baru kelar jam 00.30 tengah malam, namun para jemaat masi semangat buat masak air dan menyuguhkan teh susu buat semua jemaat. Salut deh gw, padahal di sini masak masih pake kayu bakar. Di Indonesia yang masaknya pake kompor gas aja gw (dipastikan) ogah disuruh bikin teh susu tengah malam buat jemaat. Ahhhh,,lagi-lagi gw disentil sama yang namanya “Ketulusan Hati.” Gw juga sewot (lagi!!!) karena ibadah awal tahun baru 1 Januari dimulai jam 7 pagi. Padahal baru beres ibadah tengah malam jam 1 pagi. Mbok ya kenapa juga ga dimulai agak siangan dikit, misalnya jam 9 atau jam 10 gitu, biar mata ga terlalu nge-zombie. Walaupun ibadah dimulai (terlalu) pagi, namun tetap banyak jemaat yang datang dengan ”settingan” muka segar. Bikin gw malu datang ke gereja dengan muka ngantuk dan loyo. Langsung ubah setting muka jadi “segar”. Sesegar gajian di awal bulan.

Hari pertama di 2016 gw dapat rejeki. Tiba-tiba ada yang datang ngasi bingkisan atas nama gw. Ternyata ada seorang nenek penderita diabetes (yg biasa cek gula darah dan berobat di RS tempat gw beraktivitas) yang ngasi hadiah tahun baru. Gw emang suka ngobrol sama si nenek ini, walaupun si nenek ga terlalu fasih bahasa Inggris dan gw ga terlalu fasih bahasa sini (Tamil) yang ujung-ujungnya sering menjadikan teman gw yang orang lokal sini buat jadi translator. Yang nganterin hadiah itu cucu si nenek. Dia bilang itu hadiah natal dan tahun baru dari neneknya buat Indonesian Girl. Terharu. Padahal si nenek ga ngerayain natal. Gw dikasi 3 baju, 1 jeans, dan 1 sari. Wuuuuooow. Temen gw ngegoda gw, “Hari pertama di tahun 2016 aja, lo udah dapat rejeki, pasti tahun ini lo penuh berkah.” Gw hanya bisa meng-amin-kan karena bagi gw: setiap hari, setiap tahun gw yakin Tuhan selalu menyertai. Masalah (dan pergumulan) yang terjadi dalam hidup gw ga akan mengurangi rasa syukur atas semua berkat dan penyertaanNya sepanjang hidup gw sampai 2016 ini.

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu”.

Hadiah tahun baru dari pasien rumah sakit: 3 kaos,jeans,sari :)

Walaupun tahun baru sudah lewat, namun selama kue tahun baru masih tersisa di toples, rasanya masih diperbolehkan gw mengucapkan Selamat Tahun Baru. Semoga kita bisa menjalani hari-hari di depan dengan penuh makna dan tidak sia-sia serta menjadi pribadi yang lebih baik. Angkat dagu, tegakkan bahu, namun rendahkan hati.

Compare yourself only to who you were yesterday. Be your own competition (Quote).

1 comment:

  1. Wah ternyata beda ya di Srilanka, kirain tanggal 1 Januari itu hari liburnya orang sedunia :)

    january

    ReplyDelete