Saturday, November 14, 2015

Demam Emas

Srilanka bukanlah negara yang dikategorikan negara maju, tetapi yang bikin gw takjub pas tiba di Srilanka adalah kegemaran masyarakat Srilanka menggunakan perhiasan emas.  Gw sendiri kurang suka menggunakan perhiasan. Terkadang digunakan hanya untuk menghadiri acara khusus macam pernikahan, sampai di rumah yah di copot lagi. Apalagi tinggal di kota besar yang masih naik angkutan umum, jambret booo.

Nah kalau di Srilanka, dalam aktivitas sehari-hari mayoritas orang dewasa gemar memakai perhiasan emas terutama kaum perempuan. Mulai dari kalung, gelang, sampai anting emas. Beberapa pria juga terlihat ber-emas ria. Awalnya sih gw pikir, weww tajir nih pria, ternyata pas tau mayoritas warga Srilanka pemakai emas, batal deh ngegebet. Hehhh.

Gw punya temen yang kulitnya agak gelap (sebut saja “DA”, inisial sebenarnya). Doski ini ga pede banget pake perhiasan emas. Emang iya sih, agak kurang cucok orang berkulit gelap menggunakan emas, kelihatan cliiing banget (maaf ya DA soalnya pas ngetik ini gw ketawa ngakak ngebayangin ente pakai emas). Tapi orang Srilanka yang berkulit lebih gelap daripada Indonesia pada Pe-De tuh pakai emas. In fashion, confidence should be number one toh.

Ternyata emas ini bukan kegemaran orang kota aja, di desa juga banyak yang memakai emas. Yang bikin gw makin merasa jadi sudra adalah banyak ibu-ibu yang memakai 2 kalung emas. Kalung yang 1 agak gedean dan tebal, kalung satu lagi lebih tipis. Alamakkkkkk. Sedangkan gw hanya memakai anting perak biasa (yang gw beli di Centro pas promo buy one get one). Sedihnyooo, bener-bener merasa jadi kaum papa di negeri orang.

Ternyata eh ternyata, kalung yang gede dan tebal yang biasa dipakai ibu-ibu tersebut adalah ciri wanita etnis Tamil yang sudah menikah. Kalau biasanya pengantin hanya menggunakan cincin kawin, maka pengantin perempuan Tamil diberikan cincin dan kalung yang tebal tadi. Kasian banget untuk calon pengantin pria yang modalnya pas-pasan karena berat kalung mahar tersebut gw rasa lebih dari 20 gram. Semangat ya guysss.

Sempat gw tanya seorang ibu, ga takut apa sehari-hari pakai perhiasan mentereng. Apalagi rata-rata masih menggunakan angkutan umum kalau berpergian, kan mancing kejahatan banget tuh. Si ibu ini emang bilang kadang terjadi penjambretan perhiasan. Jadi sekarang terkadang beberapa orang pakai emas imitasi. Haiyaaaa, emas imitasi kan tidak mengurangi niat rampok. Mana mereka tau itu perhiasan yang dipakai calon korban asli apa palsu, pedagang emas aja masih butuh alat khusus untuk cek keaslian emas.
Yah sepertinya emas sudah menjadi never die fashion mereka. Atau jangan-jangan harga emas di Srilanka relatif murah kali ya? #langsung pergi cari tahu harga emas di Srilanka#



7 comments:

  1. Kalau emas di sana murah2..gw nitip ya buat oleh2

    ReplyDelete
  2. Kalau emas di sana murah2..gw nitip ya buat oleh2

    ReplyDelete
  3. Dan si DA pun memberi komentar. Ketawa amat keras.

    ReplyDelete
  4. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete