Saturday, November 14, 2015

Gereja Methodist di Puttur-Srilanka

Di Srilanka gw tinggal di daerah Puttur, 10 jam berkendara dari Kolombo. Karena daerah ini merupakan daerah etnis Tamil, maka bahasa komunikasi menggunakan bahasa Tamil. Hanya sedikit orang yang bisa berbahasa Inggris. Pe-eR banget deh buat gw yang pelajaran bahasa Tamil nya masih di level pre-basic. Apalagi kalau lagi ibadah di Gereja. Biasanya gw hanya datang, duduk, diam, ngasi uang persembahan, dan pulang. Ga bisa ikut nyanyi karena buku lagunya dalam huruf Tamil. Walaupun ga ngerti bahasanya, namun gw senang dengerin orang Srilanka nyanyi. Suaranya tinggi-tinggi dan bergelombang. Persis kaya nyanyian di film India.

Setiap tanggal 1 (awal bulan) diadakan ibadah pagi hari jam 6.30 am di gereja sebagai ucapan syukur melewati 1 bulan dan siap menerima berkat di bulan baru. Kalau tanggal 1 bertepatan dengan hari Minggu, maka jemaat akan membawa makanan sukarela. Semua makanan dikumpulkan dan dimakan bersama-sama. Indahnyaaaa.

Bulan Oktober 2015 kemarin, Gereja tempat gw biasa ibadah (Gereja Methodist) berulang tahun ke 190 tahun. Wuih, tua juga. Tidak ada perayaan khusus yang dilakukan. Gereja dihias menggunakan bunga-bunga yang tumbuh liar di kebun sekitar gereja. Setelah ibadah, dibagikan nasi bungkus yang dimakan bersama-sama di gereja.

Jemaat di Gereja ini ga banyak, maklum di Puttur mayoritas Hindu. Jemaat yang datang tiap minggu ga lebih dari 30-an. Alat musiknya pun hanya gendang kecil dan kecrekan yang biasa dipakai anak kecil ngamen dipinggir jalan. Tidak ada paduan suara. Kalau lagi hujan, atap gereja bocor di beberapa bagian. Pernah sekali waktu pas lagi ibadah tiba-tiba hujan deras turun. Beberapa menit kemudian atap diatas tempat gw duduk bocor. Akhirnya gw pindah tempat duduk. Beberapa menit kemudian tempat yang baru gw dudukin kebocoran juga, pindah lagi deh. Jadi pemandangan jemaat-pindah-tempat-duduk-beberapa-kali adalah hal yang biasa saat lagi hujan deres. Walapun penuh keterbatasan, jemaat tetap beribadah dengan baik malah bisa lebih baik daripada gereja yang memilki fasilitas lengkap.

Yang gw suka dari ibadah di gereja ini adalah setiap kali ibadah pendeta selalu menyediakan sesi kesaksian. Jemaat dipersilahkan menyampaikan kesaksian mereka. Setiap minggunya selalu aja ada jemaat yang bersaksi minimal 5 orang (di dominasi oleh kaum perempuan). Enggak lama, paling cuman 1-3 menit per orang. Kesaksian bukan hanya disembuhkan dari sakit, lulus ujian, selamat dari kecelakaan dll), namun kesaksian mereka melingkupi ucapan syukur atas berkat sehari-hari yang mereka terima yang diceritakan dengan sungguh-sungguh. Terdengar sepele? Tidak sama sekali. Karena hal ini menyadarkan kita bahwa masalah yang kita hadapi masih keitung sama jari, kalah banyak sama berkat yang kita terima sehari-hari.

Ada hal yang menarik saat sesi perjamuan kudus. Di Indonesia, perjamuan kudus (roti dan anggur) hanya diberikan kepada orang dewasa yang sudah menerima baptis dewasa. Tetapi di Srilanka, anak kecil yang belum menerima baptis dewasa juga maju ke depan saat perjamuan kudus, ikut berlutut juga, namun roti dan anggur diganti dengan permen. Yah pada intinya memang anak kecil ini tidak diperkenankan menerima roti dan anggur. Mungkin permen tersebut hanya simbolis untuk menghindari iri hati anak kecil yang juga pengen maju ke depan. Kreatif.

Ada 1 aktivitas gereja di Indonesia yang sangat amat gw rindukan selama gw tinggal di Srilanka. Budaya jemaat gereja di Indonesia adalah salaman. Sampai di gereja sudah ada petugas penerima tamu yang menyambut untuk salaman. Masuk ke dalam gereja juga setiap jemaat menyalami jemaat lain. Seusai ibadah selesai salaman lagi. Gw kadang mikir, ngapain sih salaman mulu. Kan tadi sebelum mulai ibadah udah salaman. Namun di Srilanka ga ada budaya salaman. Masuk gereja tidak ada yang nyalam, pulang gereja juga tidak ada yang nyalam. Huhu, seumur-umur baru kali ini gw kangen salaman.


Gereja Methodist Puttur-Srilanka

Jemaat gereja

Perjamuan kudus anak kecil


1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete