Monday, November 23, 2015

Tamil Black Day

Demo yang paling popular di Indonesia adalah demo buruh. Sewaktu gw masih kerja di pabrik, tiap kali ada demo buruh gw senang banget soalnya pabrik diliburkan (terkadang gw berharap semoga demonya seminggu). Para petinggi asosiasi buruh mewajibkan semua buruh di Indonesia ikut demo makanya tidak boleh ada kegiatan di pabrik. Yaelah pak, emang yang kerja di pabrik isinya buruh aja. Selain buruh, beberapa orang juga suka demo untuk mengutarakan pendapat mereka. Tetapi biasanya demo ini ga ganggu aktivitas orang lain. Palingan hanya bikin macet lalu lintas.

Di daerah etnis Tamil Srilanka , tanggal 13 November 2015 ada yang namanya Black Day. Sejumlah orang demo menuntut pembebasan para pria (mayoritas anak muda) yang ditangkap saat terjadi perang Tamil. Srilanka memang pernah mengalami perang etnis yang cukup besar dan berlangsung puluhan tahun. Perang telah usai 2009 kemarin. Walaupun perang telah usai, masi banyak warga yang di penjara. Hal inilah yang diperjuangkan para pendemo di Black Day.

Para etnis Tamil ini tidak hanya berdemo, namun mereka menghentikan seluruh kegiatan. Benar-benar berhenti total..tal..tal. Tidak ada transportasi umum yang beroperasi. Sarana umum dalam bidang ekonomi juga tutup total seharian. Bank, pasar, toko-toko, sampai rumah makan kecil juga tutup. Hanya rumah sakit yang masih buka. Itupun sepi pasien karena tidak ada akses transportasi. Salutttttt,,,mereka kompak banget. Tanpa ada kordinasi. Hanya di infokan di media pada H-1 bahwa akan ada Black Day.

Yah perang yang berlangsung selama puluhan tahun memang sudah berakhir, kesepakatan damai sudah dibuat. Namun cerita pahit sisa perang masih ada. Dua orang penghuni jompo di panti jompo tempat gw tinggal menjadi gila karena anaknya meninggal saat perang. Beberapa warga tercerai berai karena beberapa orang memilih ke luar negeri meninggalkan Srilanka. Sarana dan prasarana yang rusak. Hilangnya masa depan generasi muda yang ditangkap oleh pihak musuh dan di penjara bertahun-tahun. Semoga Black Day kemarin memberikan dampak positif. Semoga para tahanan perang bisa segera dibebaskan karena tugas mereka menanti untuk membangun bangsa.

Older Man Declare War, But It Is The Youth That Must Fight And Die (Herbert Hoover)

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete