Sunday, November 1, 2015

Si Kere Masuk Executive Lounge Airport

Tiap kali mengalami hari yang ‘agak sial’, gw pasti berkata dalam hati “duh Tuhan, selera humor Tuhan ga banget deh hari ini”. Namun baru kali ini gw berkata “selera humor Tuhan oke juga”.

Seumur-umur belum pernah gw masuk Executive Lounge airport, lah beli tiket liburan aja kadang nyari dari jauh hari biar murah, mana mungkin kasta sudra kaya gw bersedia masuk Executive Lounge. Bermula dari rencana terbang Medan-transit KL-Srilanka. Gw berangkat dari Jakarta ke Medan kamis subuh. Setelah mengikuti kegiatan seharian, kamis sore baru masuk hotel dan selonjorin kaki. Jumat subuh jam 5 udah berangkat dari hotel.

Nyampe transit di KL, puas mengagumi (dan men-sirik-i) KL airport, gate penerbangan ke Srilanka dibuka tepat waktu, jam 3 pm. Semua penumpang udah duduk manis di bangku. Setengah jam kemudian masi belum take off juga, pak pilot bilang ada kendala, oke. Sejam kemudian belum berangkat juga. 2 jam kemudian belum berangkat juga dan main course dibagiin ke semua penumpang. 2,5 jam kemudian pak pilot bilang pesawat ga bisa berangkat karena ada kerusakan mesin dan penumpang disuruh turun. Ebusettttt, macam naik angkot aja disuruh turun lagi. Untung pilotnya ga bilang “ikut pesawat belakang aja neng.”

Balik ke gate, si officer bilang penerbangan hari ini canceled, reschedule jd besok pagi jam 9. Mampus deh gw. Terus gw gimana donk. Dikasi penginapan ga? Seumur2 gw ga pernah delay ganti hari gini? Duh udah capek pula. Udah ga mood buat transit sehari. Langsung deh ngedumel dalam hati “duh, selera humor Tuhan ga banget deh hari ini”.

Selagi berusaha merangkai kata dalam hati buat menanyakan penginapan. Tetiba ngedengar ada 1 penumpang bilang ga bisa nunggu sampe besok karena ada meeting penting dan dia dari kursi bisnis. Si officer bilang akan cek maskapai lain yg ke Srilanka. Ngekor deh gw. Siapa tau beruntung. Beberapa menit kemudian si officer bilang ada pesawat ke Srilanka menggunakan Malaysia Air Lines (MAL) jam 11 malam masi tersedia beberapa kursi tp gak ada kursi bisnis. Ada penumpang lain yang nyeletuk pengen ikut. Gw ngekor aja. Ternyata masi ada 10 kursi MAL ke Srilanka. Berhubung banyak penumpang yg udah bubar jalan dan penumpang lainnya adalah penumpang yg tujuan akhirnya bukan Srilanka (Srilanka hanya transit), maka total kami ber-7. 3 org Malaysia, 1 india, 1 srilanka, 1 bule, dan gw si Indonesia. 6 orang dari kami sekitar 25-32 tahun lah. 1 orang yg dari kursi bisnis sekitar 40 tahunan. Si officer nyuruh anak buahnya ngurus pindah flight ini ke bagian IT sekalian ngurusin bagasi supaya dipindahin ke MAL ini. Nah loh, kami ngekorin ni anak deh. Soalnya kami kuatir bagasi kami ga kepindah ke flight malam, apalagi ini anak masih muda banget, takut ga beres kerjanya. Aduh mak repot banget ngurusin ginian. Pegel banget kaki sejam berdiri mondar-mandir. Sekitar 1 jam ngurusin, jam 6.30 pm beres, si petugas bilang jam 8 akan di infokan kepastiannya. Aelahhh,  pasti toh mba? Puji Tuhan jam 8 malam di infokan kita bisa berangkat jam 11 nanti.

Masih ada waktu sekitar 2 jam nih sampai gate dibuka. Ada 1 warga Malaysia yg ngajak pergi, gatau kemana, ngekor aja, daripada sendiri. Doi masi muda. Tampilannya sih gaul. Doi ini karyawan yang kerja sebagai marketing di salah 1 universitas Malaysia. Ke Srilanka mau ke universitas di sana, entah ada program apa gitu. Ternyata oh ternyata di ajak ke Executive Lounge. Makjangggg. Executive Lounge bandara internasional. Doi ini ternyata punya kenalan yg kerja di sana, jd kita bisa langsung masuk setelah kenalannya keluar nyambut kami. Hahhhh!!! Dengan tampang sok cool dan berusaha ga keliatan norak gw masuk deh. Lumayan rame tempatnya. Rata-rata pengunjungnya bule. Pakaiannya serius semua. Kayanya cuman kami yang pakaiannya ga serius. Gw cuman pake kaos biasa, jeans, dan sepatu sandal Bata yang diskon 70% karena belinya pas HUT RI ke-70.

Banyak bgt makanan dan minumannya. Semua all u can eat, kecuali beberapa minuman. Makanannya serius semua, dari main course sampai cemilan lengkap. minumannya juga serius. Ampe bengong gw. Nyesel banget nasi dari mba pramugari diabisin dipesawat tadi siang yang batal terbang, padahal hambar. Kalau dari awal tau bakal terdampar di Executive Lounge, bakal dilaper-laperin deh ini perut. Jadilah gw cuman ngambil makanan seiprit. Ini temen2 baru gw, ga cowo ga cewe pada ngambil bir. Kami mau toast utk kejadian hari ini. Gw toast pake air mineral, lalu mereka melihat gw dengan ekspresi heran. Maaf ya kawan, perut wedang jahe ini ga bisa kena bir, soda aja ga doyan.

Jam 10 pm kami bergegas ke Gate. Lalu masuk pesawat dan langsung bobo sambil senyum2 norak inget kejadian di Executive Lounge hari ini. Terimakasih Tuhan, selera humor Tuhan oke juga hari ini.