Wednesday, November 4, 2015

Kari is Killing Me Softly

Buat orang yang suka makanan simple dan ga berbumbu lebay, jangan kepikiran tinggal lama2 di Srilanka. Sebelum gw berangkat ke Srilanka, gw sempet browsing artikel yang bilang kalau orang Srilanka selalu menyajikan makanan dalam bentuk kari #Ah gampang, gw suka kok Indomie rasa kari ayam#. Lalu disebutkan juga di artikel kalau makanan di Srilanka kaya akan rempah #Ah gampang, gw suka kok nasi goreng Aceh#. Ternyata hidup ga segampang itu sob.

Orang Srilanka bener-bener kari-holic. Kari disini jauhhhhh berbeda sama indomie kari ayam ataupun nasi goreng Aceh. Kari versi Srilanka rasa rempahnya 10 kali lebih kuat dari nasi goreng Aceh. Padahal menurut gw nasi goreng Aceh sudah sangat menyengat rempahnya.

Makanan pertama yang gw makan di tanah Srilanka adalah Roti isi. Pas dikasi roti isi sama orang yang jemput gw di bandara, ekspektasi gw itu adalah roti isi cokelat atau isi keju, standar roti isi pada umumnya. Ternyata kehidupan kari gw dimulai dari roti isi itu. Roti itu isi kari daging. Bener-bener kerasa kunyit dan jintennya. Terpaksa dihabisin karena ditungguin makannya sama yang ngasi roti. Abis makan roti itu gw langsung sikat gigi, ga enak banget di kerongkongan. Ah mungkin emang toko rotinya yang ga bonafid jadi rasanya ga enak #Menenangkan diri#.

Nyampe penginapan, beberapa jam kemudian ada yang nganterin bihun kuah kuning ke kamar gw. Penampakannya kaya kuah lontong. Dengan antusias gw buka, Oh myyyy, bau rempahnya menusuk kalbu. Perasaan gw langsung ga enak. Gw icip sesendok, rasanya kaya jamu gendong. Bener-bener ga kemakan. Dengan penuh perasaan bersalah bihun kari itu gw buang. Walaupun cuman icip satu sendok, lidah ini berasa jorok banget. Gw langsung kumur-kumur pake listerin.

Siangnya gw diajak makan. Gw pesenlah menu yang gw anggap ga ke-kari-an, “Fried-Rice”. Aman? Ternyata belum kelar humor kari hari ini. Nasi goreng versi Srilanka adalah nasi yang dikasi bumbu rempah. Memang ga terlalu menusuk dan ga terlalu kuat juga baunya, tp cukup bikin pusing kepala karena merindukan makanan yang 'biasa aja'. Terus nasi goreng ini dikasi ayam goreng sepotong. Ayam gorengnya bukan ayam goreng kremes, tapi ayam goreng yang gw yakin sebelum digoreng itu ayam di ungkep pake rempah-rempah. Haiyaaa. Nasi goreng ini harus dimakan dengan wajah antusias, karena gw makan berdua sama orang lokal. Mana pake acar bawang pula (Bawang merah mentah yang segede bawang Bombay di iris-iris, nyengatnya radius 2 meter). Orang sini memang menggunakan irisan bawang merah mentah sebagai acar. Rasanya pengen cepat-cepat balik ke kamar buat sikat gigi. Malamnya gw hanya makan pisang. Untung pisang disini ga rasa kari.

Lalu terus muncul drama kari gw di Srilanka. Hampir semua menu makan dibuat dalam versi kari, atau juga dalam versi berbumbu rempah, tak terkecuali sayur. Ga pernah gw nemuin sayur bening disini. Sop bening pun ga ada. Tiap kali gw mampir ke rumah makan yang makanannya di display (macam warteg atau makan prasmanan), gw ga betah lama-lama duduk, soalnya udara disitu tercemar oleh aroma rempah. Menu apapun itu, selalu dikasi kuah rempah (orang lokal bilangnya kuah kari). Makanan rumahan pun begitu. Tiada hari tanpa kari dan kuah rempah. Ibaratnya di Indonesia, tiada hari tanpa kerupuk

Pernah suatu kali gw mampir ke toko roti. Toko ini menjual menu gorengan juga macam risoles dan pastel. Antusias gw beli risoles dan pastel tersebut, kangen sama cemilan Indonesia. Pas gw makan, alamakjangggg, ternyata isinya kentang, wortel, daging yang dimasak bumbu kari. Bangke!!! Cemilan di sini pun tercemar kari-isme.

Kari is killing me softly.

Pas lagi jalan keliling Kolombo, gw nemu fast food Burger King. Wew, seneng banget macam ketemu gebetan. Gw masuk dan order paket nasi-ayam goreng krispi.. Di gambar sih nasinya warna kuning, pas gw tanya memang gada nasi putih di Burger King. Ah palingan rasanya mirip sama nasi kuning di Indonesia. Pas gw makan, jrengjreng. Nasi-rasa-kunyit-menyengat-dan-ayam-Krispi-aroma-rempah-disajikan-dengan-kuah-kari-kental-tidak-ada-saos. Tidak ketinggalan irisan bawang merah mentah mempercantik piring gw. Bahkan fast food pun tidak berpihak pada gw. Karena ogi (ogah rugi), gw makan deh tuh nasi-ayam-krispi-PHP (pemberi harapan palsu) dengan kekecewaan mendalam. Gw balik ke counter mau mesen es krim buat bersihin kerongkongan. Takut di-PHP-in lagi, gw tanya itu es cone yang didisplay rasa apa. Doi jawab rasa vanilla. Untunglah, gw pikir es krim di sini juga rasa kari.

Pernah gw mampir ke minimarket buat beli mie instan. Pusing kepala makan kari mulu. Di rak mie instan tersedia rasa kari dan rasa ayam. Gw ambil lah rasa ayam. Pas gw seduh pun rasanya 11-12 sama rempah jamu gendong. Dasar PHP. Ga kebayang kalau gw ambil yang rasa kari macam apa ya rasanya.

Tips untuk yang ga suka kari, bisa mampir ke restoran khusus bule. Bule kan anti pedes dan makanan berbumbu. Memang harganya agak mahalan. Pernah gw ke restoran bule, semua menu kari-free. Menu westernnya serius. Udah sekali aja gw mampir, bangkrut bo.

Sampai dengan posting ini dibuat, udah 2 bulan gw tinggal di Srilanka. Sekarang gw udah temenan baik sama kari. Ga hanya antibiotik aja yang mengalami resistensi, lidah gw juga bisa mengalami resistensi. Sekarang gw bisa makan kari-rasa jamu gendong dengan ekspresi seperti makan sayur-bayam-bening.

Seperti pepatah bijak berkata “When you are in Rome, you are a Roman”. Kari doesn't kill me anymore.


Dapet Salam Nih dari Kari


Burger King di Srilanka: Nasi rempah,ayam rempah,acar bawang merah mentah,kuah kari,tanpa saos


Cemilan pun isinya kari


Mie instan dusta, dibilang rasa keju bawang,padahal kari taste

4 comments:

  1. Gw suka kari..asal jangan too much lah

    ReplyDelete
  2. Gw suka kari..asal jangan too much lah

    ReplyDelete
  3. apapun makanannya, rasanya tetep kari hohohoh...

    ReplyDelete
  4. Asal makan kari ga membuat lo Kariput.makan aja yol..drpd laper.
    syukurlah udh resisten.plg ke indo kita kerumah makan india ya..hahahha

    ReplyDelete