Friday, November 6, 2015

Timberlake Yolanda, Bukan Yolanda Timberlake

Family name (marga) bukan hal yang asing di masyarakat Indonesia. Biasanya marga ada di belakang nama. Emang sih ga semua etnis Indonesia ada family name nya. Gw yang suku batak, marga gw adalah Pohan, yang diturunkan dari pihak ayah. Jadi nama gw Yolanda Pohan. Bokap, kakek, kakek buyut dan sebelumnya semuanya nama belakangnya Pohan.

Berbeda dengan orang Tamil Srilanka. Di sini mereka ga ada marga, namun nama ayah diturunkan ke nama anak. Jika sudah menikah, nama perempuan akan berubah mengikuti nama suami. Jadi misalnya nama bokap gw Brad Pitt, maka nama gw Pitt Yolanda (nama ayah di depan). Nama ayah biasanya disingkat saja sehingga jadinya P.Yolanda. Nama gw bukannya Brad Yolanda karena Brad adalah nama ayah dari ayah gw (kakek).

Kalau gw nanti menikah sama Justin Timberlake (J. Timberlake). Maka nama gw berubah menjadi Timberlake Yolanda (Bukan Justin Yolanda karena Justin adalah nama ayahnya si Timberlake). Kalau nanti gw punya anak dan pengen gw kasih nama Orlando maka namanya Timberlake Orlando (T.Orlando). Kalau anak gw si Orlando punya anak namanya Rihanna, maka nama anaknya jadi Orlando Rihanna (O.Rihanna). Begitu seterusnya sampai Maranatha.

Eniwei, kebanyakan nama orang di Srilanka panjang-panjang banget, bisa lebih dari 4 bahkan 5 suku kata. Misalnya Nitiyananthan, Savuntalan, Chandramogan, Alakasuntharan. Hanya sedikit orang Srilanka yang mengadopsi nama luar yang familiar seperti Nathali, Gabriel, dll.

Gw yang lidahnya terbatas dengan nama pendek, awal-awal tinggal di Srilanka kesulitan banget ingat nama orang sini yang panjang apalagi nama tersebut ga familiar di kuping gw. Walaupun udah kenalan sampai 5x, besoknya pasti lupa lagi namanya (faktor IQ juga sih). Jadi gw kalau ngomongin orang menyebutkan ciri khusus. Karena gw sehari-hari tinggal di rumah jompo, maka gw menyebutkan nama opa-oma dari penyakitnya, misalnya gw mau ke kamar salah satu jompo maka gw bilang mau ke kamar oma yang sakit diabetes. Atau mau nonton ke kamar opa yang obatnya atorvastatin-olanzapin (gw emang sering nganterin obat ke kamar jompo karena biasanya mereka suka lupa minum obat). Kalau jomponya ga ada penyakit gimana donk? Gampang, inget aja umurnya atau profesinya waktu muda. Misalnya mau main ke kamar opa 84 tahun, atau mau main ke kamar oma yang dulu jadi guru TK. Seperti kata Eyang Shakespeare: "Apalah artinya sebuah nama".

4 comments:

  1. Yol, bukan Pit Bull kan ya? Hahaha

    Posting2 sepanjang bulan November ini refreshing banget :))

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete