Sunday, November 8, 2015

Mahalnya Minyak Goreng

Di Indonesia harga produk ditentukan oleh masing-masing pedagang yang jual, tergantung dia mau untung seberapa banyak. Jadi harga sabun merek X di toko A bisa berbeda dengan harga di toko B. Di Srilanka harga produk akan tercetak di kemasan (langsung dari pabrik). Bahkan produk murah seharga 500 perak aja harganya juga tercetak di kemasan. Jadi harga produk di semua toko akan sama. Bahkan harga barang tersebut di desa yang jaraknya 10 jam dari kota tetap mengikuti harga yang tertera di kemasan. Salut banget. Jadi penasaran bagaimana para pabrik dan distributor bisa mengatur hal tersebut sehingga para penjual di pelosok tidak merasa rugi.

Sebelum gw berangkat ke Srilanka, gw berharap nilai mata uang di sini (Rupee Srilanka) akan lebih rendah dari pada Rupiah. Lumayan lah bisa jadi naik kasta untuk sementara waktu. Ternyata harapan tinggal harapan. Nilai mata uang di sini mirip sama Rupiah. Imbasnya, harga-harga barang di sini ya beti (beda tipis) dengan harga barang di Indonesia. Namun untuk produk yang di impor (misal cokelat, kosmetik, peralatan mandi, dll) harganya lebih mahal, bahkan ada yang 2-3x lipat daripada harga di Indonesia (merek sama). Kenapa ya, padahal kan di Indonesia barang tersebut juga termasuk kategori import. Batal deh jadi jutawan temporer. Tetap menjadi kasta sudra.

Harga produk non-import (lokal, buatan Srilanka) yang menurut gw paling muaaahal adalah minyak goreng. Harganya seliter 36 ribu. Wuidihhhhhhh. Itu merek dengan harga paling murah loh, masih ada lagi merek yang lebih mahal. Padahal di Indonesia harga minyak goreng cuman 25 ribu untuk ukuran 2L. Jadi bedanya hampir 3 kali lipat.

Beberapa waktu lalu, pas lagi mellow kangen makanan Indonesia, gw berencana bikin bakwan goreng. Beli tepung dan sayurannya sih murah. Tapi pas beli minyak gorengnya, aduh makkk kerasa banget bangkrutnya. Tapi gimana donk,udah ngidam banget sama bakwan,ga lucu banget bakwannya di masak kukus biar ga bangkrut beli minyak goreng.

Lalu dimulailah eksekusi bikin bakwan goreng. Baru kali ini gw bikin bakwan goreng dengan serius dan seksama. Kuatir rasanya ga oke, pasti bakal sedih banget karena teringat harga minyak gorengnya yang muahal. Pas bakwan udah matang dan mau diangkat dari penggorengan pun gw memastikan bakwan goreng ditiriskan dengan baik jadi minyaknya ga kebuang (naluri ogah rugi). Itu menjadi bakwan termahal (dengan rasa sangat biasa) yang pernah gw makan.

Kalau di Srilanka ada abang-abang gorengan, pasti harganya ga akan semurah di Indonesia yang harganya sepotong 1000 perak (kadang 2000 masih dapat 3 potong). Jaman gw masih jadi mahasiswa yang ngekos, gorengan adalah makanan penyelamat saat lagi kere-kere nya. Tinggal beli gorengan 2000 perak dimakan sama nasi. Perut kenyang, dompet selamat. Tapi makan gorengan di Srilanka berasa jadi kaum bangsawan.

Ada hikmahnya juga sih minyak goreng mahal, jadi menu makanan cenderung oil-free. Makanan deep-fried kan temenan baik sama semua bibit penyakit, khususnya penyakit metabolisme dan degenaratif. Yah walaupun gw kadang suka sakau kangen makanan yang digoreng, semoga aja pas pulang ke Indonesia bisa muncul kebiasaan baru yang baik untuk mengkonsumsi makanan oil-free. Misalnya kari...Hidup Kariiiiii!!!!!

6 comments:

  1. Wkwk...bawangan dikukus gk kebayang gw

    ReplyDelete
  2. Wkwk...bawangan dikukus gk kebayang gw

    ReplyDelete
  3. Keren ya yolll dsna ada HET untuk harga sembakoan...

    ReplyDelete
  4. Keren ya yolll dsna ada HET untuk harga sembakoan...

    ReplyDelete
  5. Kebetulan di supermarket lg diskon all item minyak goreng cm 19 rb#mendadak ngerasa kaya jutawan

    ReplyDelete
  6. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete