Sunday, November 8, 2015

Pesona Teh Srilanka

Tiap cerita ke teman kalau gw mau ke Srilanka, sebagian besar dari mereka bilang “Jangan lupa bawa oleh-oleh teh ya, teh Srilanka kan terkenal.” Kaget gw. Ada 2 hal yang bikin kaget. Kaget yang pertama: belum berangkat tapi udah dimintain oleh-oleh. Kaget yang kedua: baru tau banget kalau teh di Srilanka sebegitu termasyhurnya. 

Ternyata benar apa yang teman-teman gw bilang, teh Srilanka cukup terkenal. Beberapa papan reklame teh terpasang di beberapa tempat yang menandakan bahwa itu salah satu jualan andalan mereka terutama buat para turis. Variasi merek teh banyak terpampang di swalayan Srilanka dengan labeling “Pure Ceylon Tea” (Ceylon adalah nama Srilanka di jaman dulu). Selain variasi merek, mereka juga membuat beberapa variasi aroma. Kedai  dan Kafe teh pun banyak ditemukan di sini.

Masyarakat lokal Srilanka punya tea time khusus. Di wilayah puttur, beberapa warga punya kebiasaan minum teh di pagi dan sore hari. Bahkan di panti jompo tempat gw tinggal jadwal minum teh pagi (5.30), siang (10.00) dan sore (15.00). Teh disini juga terkadang disajikan dengan susu seperti teh tarik. Mereka menyebutnya Milk Tea. Namun menurut gw masih juara teh tarik nya orang Malaka yang bikin gw nambah sampai 3 gelas, padahal biasanya gw ga doyan minuman manis . Temen gw aja yang ga doyan minum teh jadi  ketagihan waktu minum teh tarik di Malaka. 

Di Kolombo, gw sempat mendatangi 2 kantor dan melihat aktivitas kegiatan perkantoran di sana. Di pagi dan sore hari, ruang 2 kantor yang gw datangi itu didominasi aroma teh. Harummmmm.

Terkait soal selera, menurut gw sih rasa teh di sini biasa aja, ga gimana-gimana banget. Udah 4 merek teh yang gw icip, dari yang murah sampai yang agak mahalan (yang mahal banget belum pernah gw coba, ga ikhlas ngeluarin duitnya). Ditambah lagi beberapa kali gw mampir di ke rumah orang dan disuguhi teh. Menurut gw rasanya hampir sama dengan teh Indonesia, paling beda nya kalau yang gw seduh teh beraroma, ya jadi lebih wangi, tapi soal rasa ga ada perbedaan yang signifikan. Ga ada yang bikin gw ketagihan kaya ketagihan teh tarik nya Malaka. Di Indonesia setiap hari gw selalu minum teh hijau tanpa gula. Terkadang minum teh biasa tapi tetap tanpa gula. Mungkin karena lidah gw sudah 6 tahun terbiasa dengan rasa hambar-pahit teh hijau, jadi gw kurang bisa menikmati cita rasa teh yang lain, termasuk teh Srilanka.

Mengenai teori teh Srilanka yang tersohor endesss itu (yang menjadi inspirasi nama blog gw), mungkin bisa terjawab saat gw pulang ke Indonesia dan bawain oleh-oleh teh Srilanka buat mereka yang (sangat ) gw rindukan. 

Untung deh Srilanka terkenal dengan teh. Ga kebayang kalau Srilanka terkenal dengan terasi. Moso gw harus berburu oleh-oleh terasi Srilanka dengan berbagai merek. Oh nooooooooooo.

Beberapa merek teh srilanka

4 comments:

  1. iya..gw mauoleh2 tehnyan..tapi jangan yg merk JONES ya...yg hijau tengah2 sebelah kiri.amit2 haha

    ReplyDelete
  2. Hihiihii... Yolll klo gtu gw mau juga dunk tehnya..hehehe

    ReplyDelete
  3. Hihiihii... Yolll klo gtu gw mau juga dunk tehnya..hehehe

    ReplyDelete
  4. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete