Monday, November 23, 2015

(Pawai) Orang Meninggal

Beberapa tahun lalu gw melayat orang tua teman yang bersuku batak. Gw pergi sama teman gw yang bukan suku batak (sebut saja A). Sampai di sana si A ini kaget karena pas kami tiba sedang berlangsung sesi ibadah pakai keyboard yang disambungkan dengan speaker gede. Jadi kedengaran sampai ujung jalan. Yang bikin si A kaget lagi, tersedia menu prasmanan di rumah duka, jadi para pelayat dipersilahkan  makan. Si A nyeletuk: “Ini acara kematian apa acara kawinan yol?”. Gw jelasin lah sama si A mengenai budaya orang batak yang meninggal apalagi jika meninggal di usia tua dan punya banyak cucu, di kampung sana pasti potong kerbau. Si A bilang “pantesan orang batak pekerja keras ya yol, meninggal aja ga boleh miskin, kerbau kan mahal.” Haha, kesimpulan yang masuk akal.

Di daerah Puttur Srilanka (etnis Tamil), gw menemukan hal unik terkait peristiwa kematian. Pernah ada 1 jemaat gereja yang meninggal. Saat hari pemakaman, tibalah jenazah ini di gereja sebelum dibawa ke pemakaman. Peti diletakkan di tengah gereja dan dibuka. Yang gw bingung, semua orang berdiri mengelilingi peti tersebut termasuk keluarga. Ga ada 1 pun orang yang duduk, padahal gw udah siap ngambil posisi buat duduk. Gw pikir akan ada ibadah pelepasan atau ibadah tutup peti. Dalam posisi masih berdiri, tiba-tiba pendeta mulai berdoa. Selesai berdoa peti ditutup kembali. Udah beres. Gitu aja. Ga sampe 10 menit. Bubar jalan. Jenazah langsung dibawa ke pemakaman. Gw tanya lah sama pendeta kenapa cuman sebentar, ga ada ibadah. Ternyata memang bukan tradisi jenazah dibawa ke gereja. Tetapi ada beberapa orang yang request untuk dibawa ke gereja. Nenek ini sebelum meninggal berpesan untuk dibawa ke gereja saat mau dikubur. Yah mungkin ibadah pelepasan sudah dilakukan di rumah duka. Tapi kalau memang direncanakan dibawa ke gereja dulu sebelum dikubur, logikanya mending sekalian ibadah pelepasan dilakukan di gereja. Jadi ga awkward banget di gereja cuman buka peti-berdoa-tutup peti-bubar.

Kalau di Indonesia biasanya saat iringan pemakaman, yang di baris depan akan membawah foto orang meninggal saat masih hidup dalam ukuran pigura. Kalau di Srilanka foto diganti dengan spanduk. Jadi foto orang yang meninggal di cetak di spanduk (ukuran sekitar 2x1 m). Selain itu sepanjang jalan keluar dari rumah duka sampai ke pemakaman iring-iringan mobil jenazah disertai dengan pukulan semacam bedug dan petasan yang dinyalakan tanpa henti hingga tiba di pemakaman. Bedug ini ga cuman 1 loh, kadang 3, kadang 5. Bener-bener mirip malam takbiran. Untuk beberapa orang (yang biasanya tajir), petasan dan bedug ini dimainkan bukan hanya saat jalan ke pemakaman, tapi dari pagi. Jadi misalnya dikubur hari rabu, dari rabu pagi petasan dan bedug dimainkan di rumah duka dan terus nyambung sampai perjalanan ke pemakaman.

Kalau yang meninggal orang Hindu, mobil jenazah dihias meriah kaya mobil pawai. Pertama kali gw liat iring-iringan ini, gw heboh banget nyamperin ke jalan raya sambil foto-foto. Seru liat atraksi bedug dan petasan yg lewat, apalagi ada mobil hias yang lucu dan warna-warni. Tapi kok di barisan belakang pemukul bedug beberapa orang menangis (Iringan jenazah semua jalan kaki, ga ada yang naik mobil). Pas gw balik ke kamar dan gw tanya sama orang lokal, ternyata itu iringan jenazah, astagadotcommmm, gilak ga enak banget tadi foto-foto antusias saat orang lain berduka. Kirain ada pawai. Maaffff. Untung aja tadi gw ga kecentilan pakai dadah-dadah….bisa-bisa gw dideportasi.


Mobil jenazah Hindu-Tamil

Spanduk orang meninggal 


3 comments:

  1. Nyonyahhhhh,,,i miss u too pake banget

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete