Sunday, November 29, 2015

Hotel = Restoran

Setiap pagi gw selalu dibangunin sama aroma masakan nyokap dari dapur. Yupp, nyokap dari subuh sudah berkutat di dapur bikin sarapan heboh. Mulai dari nasi, sayur, hingga lauk. Lengkap 4 sehat. Engga 5 sempurna, susunya nebeng susu gratis di kantor, PRODUGEN (maaf promosi). Memang banyak orang Indonesia yang sarapan makanan berat. Mungkin hanya sebagian yang sarapan roti, sereal dan makanan kecil lainnya (yang gw anggap cuman ngotorin gigi).

Berbeda dengan di Srilanka, gw ga menemukan kehebohan persiapan sarapan di dapur. Untuk sarapan, orang Srilanka (khususnya etnis Tamil) mengkonsumsi makanan sederhana khas Srilanka yang didominasi dari tepung dan oil-free. Jarang ada menu sarapan di Srilanka yang menyediakan nasi komplit beserta teman-temannya. Kalaupun ada menu nasi, paling hanya dibarengi sama sambal khas Srilanka (nama sambalnya = SAMBAL…..iya beneran nama sambal di sini SAMBAL) yang dibuat dari kelapa parut, bawang merah mentah, cabe bubuk dan jeruk nipis. Mengenai makanan khas Srilanka akan gw bahas di postingan berbeda. Enak juga jadi ibu rumah tangga di Srilanka, pagi-pagi ga kelimpungan bikin sarapan menu komplit.

Awal-awal gw tinggal di Srilanka, karena sarapan yang disediakan kurang nendang, gw sering kelaparan di jam nanggung (jam 10 atau 11 siang). Kadang abis sarapan gw suka kabur cari makanan di luar. Sialnya, jarang ada rumah makan yang buka di pagi hari, kalaupun ada yah menu yang dijual cuman menu sarapan ringan, belum jualan menu komplit lauk-pauk. Kontras banget sama di Indonesia, selama gw bergelar anak kos (yang selalu beli makan di luar), gw dengan mudah nyari sarapan nasi komplit. Warung nasi bebek aja udah buka dari pagi, bahkan beberapa rumah makan banyak yang buka 24 jam. Temen-temen kantor gw pagi-pagi udah jajan nasi-soto, bubur ayam, nasi uduk sampai nasi warteg komplit.

Banyak karyawan di Srilanka yang bawa bekal makan siang. Lucunya bekal mereka ga ditaruh di ompreng (kotak makan) seperti bekal di Indonesia. Mereka menaruh di kertas makan yang di dalamnya dilapisi plastic. Kertas wadah ini ga dikaretin atau di staples, cukup dilipat aja (seperti amplop). Jika ada kuahnya, maka kuah di letakkan diplastik kiloan. Wahhhh, kayanya Lion Star atau Tupperware harus melebarkan area pemasaran mereka sampai ke Srilanka nih.

Saat makan di restoran lokal atau saat ada acara makan-makan bersama dengan jumlah orang yang banyak, bagian atas piring selalu dialasi sama selembar plastik bening. Jadi makanan ga nyentuh sama piring. Kalau ada makanan sisa di piring, tinggal lepas bagian plastik yang nempel terus buang ke tempat sampah. Hemat air dan sabun cuci piring sih tapi kalo ketauan anggota Green Peace bisa diomelin tuh, plastik kan susah diurai bumi.

Porsi makan di sini ajubileh gueeedenya. Apalagi porsi nasinya,,ampun makkk. Kadang saat beli makan di luar atau dikasi nasi kotak gw hanya sanggup makan setengah, kadang sepertiganya. Padahal fisiologis orang sini jarang yang endut-endut. Ga adillll,,,,gw yang makan cuman seiprit tapi ga kurus-kurus kaya orang sini. Selain itu orang Srilanka juga jarang menggunakan sendok, kebanyakan langsung menggunakan tangan walaupun makanannya berkuah. Kalau makanan berkuah panas, maka akan ditunggu sampai dingin. Beberapa kali gw mampir ke rumah makan lokal, mereka ga pernah menyediakan sendok.

Ngomong-ngomong soal rumah makan, pas sampai di Srilanka, di sepanjang jalan banyak rumah-rumah kecil dengan Papan Nama HOTEL. Waduhhh, gw langsung mikir ini daerah prostitusi, moso banyak hotel kecil-kecil gitu di sepanjang jalan. Ternyata eh ternyataaaa, HOTEL tuh artinya rumah makan. Hahaha. Tapi sampai sekarang gw masi canggung nyebut “Hotel” kalau pamit mau beli makanan….”eh gw mau ke Hotel dulu ya”…. Kesannya mau ngapain gituuuu mampir ke hotel.  Takut ditawar…Hehehehe.


MATHUSAN HOTEL

Bungkus makanan di Srilanka


1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip

    ReplyDelete